Cagar budaya Pada Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Tidak Disangkut Kaitkan Dengan Makam Pahlawan

Cagar budaya Pada Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Tidak Disangkut Kaitkan Dengan Makam Pahlawan
loading...

SOLO- Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti yang Terletak di Jl. Ir. Sutami(Jurug), Jawa Tengah.

Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti adalah Pemakaman yang dikhususkan bagi mereka yang telah berjasa kepada Negara kesatuan Republik Indonesia. Termasuk para Pahlawan Nasional, Anggota Militer, dan Penjabat Tinggi Negara. Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti ini juga terletak di kawasan yang mudah untuk diakses setiap orang, namun sayangnya Makam ini tidak terbuka untuk umum. Makam Pahlawan yang didirikan pada tahun 1948 memiliki luas tanah sekitar 4,5 Hektare.

Pandu (45) yang sudah menggabdi dan bekerja selama 30 tahun dimakam mentuturkan bahwa cagar budaya di makam pahlawan tidak disangkut kaitkan dengan makam Pahlawan, itu cuma istilah penggerakan komunitas Cagar Budaya Surakarta. Cagar Budaya ini melalui keputusan Walikota kepala Daerah Tingkat II Surakarta cagar budaya ini di lindungi oleh undang-undang republik indonesia nomor 11 tahun 2012 tentang cagar budaya, kebersihan makam pahlawan sangat terjaga sekali, kalau ada orang ingin meminjam tempat itu harus meminta izin resmi dari yang bersangkutan menggajukantertulis dinas sosial Ungkasnya.
Meskipun Pandu tidak tau menahu namun ia berharap terlaksakananya pembangunan wisata, kerap beberapa kali dari spesitator akan di ukur makam ini dan akan membuat pagar. Makam yang berdekatan dengan sungai Bengawan Solo dan berseberangan dengan Taman Satwa Taru Jurug akan di ubah untuk tujuan wisata dan sempat disosialisasikan melalui media beberapa waktu lalu, makam Pahlawan ini akan di buat desain menjadi sekaran ajaran wisata, rencana pembanggunan pagar ini akan di bangun tahun ini 2014. tuturnya# Bismar & Hendy

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *