Jalur Pendakian Ke Puncak Merbabu ditutup Sementara Waktu

Jalur Pendakian Ke Puncak Merbabu ditutup Sementara Waktu
loading...

Magelang – Akibat kebakaran yang terjadi dikawasan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Jawa Tengah, sebanyak lima jalur pendakian ditutup sementara waktu. Penutupan jalur tersebut dilakukan sejak hari Kamis, 12 September 2019 sampai wilayah tersebut dirasa telah aman untuk dikunjungi. Pasalnya, api yang membakar kawasan tersebut belum dapat dipadamkan, hingga saat ini kobaran api semakin luas.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Jawa Tengah Yunita Parjanti menjelaskan bahwa kebakaran yang terjadi di Hutan Merbabu diawali dengan munculnya titik api di Desa Wonolelo Kabupaten Magelang. Beliau mengatakan pantauan BTMGM sejak semalam, kobaran api mengarah ke Pakis, Kabupaten Magelang dan Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.

Hingga hari Kamis, 12 September 2019 para Pendaki sudah turun melalui lima jalur pendakian Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. “Jadi sampai kemarin sore, pendaki sudah turun semua dilima jalur pendakian di Merbabu, jadi sudah kosong tidak ada Pendaki. Lima jaur tersebut antara lain Jalur Selo, Suanting, Wekas, Tekelan, dan Cunthel.” Jelas Yunita Parjanti selaku Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Jawa Tengah.

Hingga saat ini Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Jawa Tengah berusaha mengerahkan kerja sama dengan Masyarakat Peduli Api, Relawan, Rempala, dan sejumlah instansi terkait untuk upaya memadamkan api. Hingga saat ini kepulan asap kebakaran masih terlihat dibeberapa titik. Asap kebakaran tersebut sebelumnya dirasakan warga yang berada dikawasan Merbabu.#haryanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *