Cepogo Gumregah diselenggarakan Selama 2 Hari

Cepogo Gumregah diselenggarakan Selama 2 Hari
loading...

Boyolali – Dalam Rangka memeriahkan HUT RI ke-74 Kecamatan Cepogo mengadakan acara Pentas Budaya “Cepogo Gumregah” selama 2 hari yaitu pada tanggal 24 Agustus 2019 dan juga hari ini 25 Agustus 2019 yang merupakan puncak dari acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh para warga yaitu pengumuman pemenang beberapa perlombaan yang telah diselenggarakan. Acara ini dilaksanakan di Halaman Balai Desa Cepogo.

Acara pada hari pertama berlangsung sangat meriah, meskipun dimulai dari pukul 13:00 WIB dengan terik matahari yang sangat terasa menyengat tidak mengurangi semangat para panitia maupun peserta untuk memeriahkan acara tersebut. Acara diikuti oleh seluruh perwakilan RW yang ada di Kecamatan Cepogo.

Acara dibuka dengan sambutan dari Mawardi selaku Kepala Desa Cepogo kemudian dilanjutkan dengan Pelepasan Seekor Merpati sebagai tanda perdamaian yang terjalin di antara masyarakat Cepogo dan juga diiringi dengan tarian Wirayuda. Kemudian disusul dengan pentas seni lainnya. Pelepasan seekor merpati ini selain sebagai tanda perdamaian, juga sebagai simbolik berakhirnya pemilihan Kepala Desa. “Saatnya warga Desa Cepogo Gumregah, artinya kembali atau bangun dari tidur atau bangun dari mimpi untuk bersemangat membangun Desa Cepogo secara bersama-sama.” Jelas Mawardi, Kepala Desa Cepogo.

Sebelum acara “Cepogo Gumregah” ini juga terdapat rerangkaian acara lomba yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2019 yaitu lomba hias Kampung yang meliputi aspek kebersihan dan kesehatan yang akan berakhir pada hari ini Minggu, 25 Agustus 2019. Lomba ini bertujuan untuk menanamkan para warga untuk membiasakan diri menjaga kebersihan dan kesehatan. Selain itu juga terdapat gerakan cuci tangan sebelum masuk kerumah serta gerakan penanaman bibit bunga dan juga tanaman obat.

Acara “Cepogo Gumregah” ini menimbulkan banyak dampak positif bagi seluruh warga. Kesenian yang ditampilkan dalam acara pentas budaya juga berasal dari seluruh warga Kecamatan Cepogo. Acara pentas seni ini bertujuan untuk menanamkan kesedaran para generasi muda untuk selalu mengingat potensi budaya yang ada di Desa Cepogo yang harus dilestarikan. #kyki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *