Balai Taman Nasional Gunung Merbabu BTNGM Jawa Tengah Bersama Masyarakat Pastikan Api Sudah Padam

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu BTNGM Jawa Tengah Bersama Masyarakat Pastikan Api Sudah Padam
loading...

Boyolali – Belum diketahui dengan pasti apakah api yang membakar taman Nasional Gunung Merbabu sudah berhasildipadamkan ataukah belum. Balai Taman nasional Gunung Merbabu bersama MUSPIKA dan masyarakatb desa serta masyarakat peduli api memastikan hal ini.

Kepala BTNGM Junita Parjanti mengatakan bahwa pengecekan baru dilakukan saat ini karena kebakaran baru terjadi pada malam hari dan lokasi sulit dijangkau. Sementara saat ini angin dikawasan Merbabu angin bertiup sangat kencang. Kebakaran terjadi berawal dari beberapa desa di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang dan Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali pada akhir Agustus kemarin dan api sempat dipadamkan. Namun akhirnya api berkobar kembali. Kebakaran terjadi dari rumput kering yang terbakar. Mungkin tidak ada unsur kesengajaan, namun ada fihak yang memadamkan api mungin dikira sudah padam tapi masih ada tertinggal api dan membesar. Sumber api seperti tanaman bawah dan rumput kering yang menyebabkan menyebarnya api.

Data sementara kebakaran memakan lahan seluas 10 hektar dan tidak merata namun terjadi di beberapa spot dan titik – titik api yang ditemukan. Balai Taman Nasional Gunung Merbabu juga sedang memastikan darimana sumber api kebakaran. Junita menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan semabrangan kaena api yang membesar sulit diapdamkan. Fihaknya banyakmenggandeng berbagai fihak untuk mengatasi kebakaran lahan Merbabu aga api yang membakar tidak meluas. #haryanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *